Materi UTS Dasar- Dasar PR, tapi gag kompleat... Uh!
Wokeeehh.... are you ready?? reading for my wrote... Eh ini bener gag sih tulisan dan maksutnya... Maklum, bahasa inggris gw selalu rendah, tapi kenapa orang- orang selalu mempercayakan gw dalam berbahasa inggris? Aneh!
Sekarang gw nulis sambil dengerin lagunya Bondan Prakoso & Fade2Black yang album ke 4 bray. Ciamik!
Dimulai dari Historis PR ato bisa diterjemahkan dengan sejarah Public Relations.
Lo tau Ivy Ledbetter Lee gag bro? dia itu bapak PR, dia bisa ngembangin praktik PR nya loh *sok kaget*. Pada tahun 1906, dimana saat itu di Amerika Serikat lagi ada pemogok buruh industri batubara. Nah, disini Ivy Lee yang waktu itu berprofesi jadi jurnalistik, dia berusaha menjembatani kepentingan buruh sama kepentingan industriawan. Disini, Ivy Lee ngajuin persyaratan
Jadi gini waktu masih periode I tahun 1700-1800, PR ini masih obrak- abrik gitu dan belum terorganisasi karena aktivitas masih berpacu dengan pendapat masyarakat buta nyatuin kemerdekaan bro, ngadain harmonisasi, ngadain deklarasi kemerdekaan.
Di periode II, tahun 1801-1865 disebut sebagai perkembangan PR aktivitas udah mulai membaik dan teroganisasi.
Periode III, tahun 1867-1900 aktivitas PR sudah mulai diperhitungkan dan berkembang lebih profesional seiring dengan kemajuan teknologi dan industri guyss..
Periode IV tahun 1901-1919 disebut public be informed periode pada saat ini para petani, kristiani, sosialis kampanye besar- besaran memprotes keras atas perlakuannnya yang sewenang- wenang, kelakuannya siapa lagi kalo bukan usahawan dan politisi. Disini, PR berperan menjadi investigative reporting yang ditujukan kepada usahawan dan politisi dalam bentuk tulisan dan laporan untuk menyudutkan mereka.
Periode V tahun 1920- sekarang aktivitas PR bukan lagi jadi aktivitas tapi menjadi studi, pemikiran, penelitian dan ilmiah.
Itu tadi sejarah dunia PR guyss.... Sekarang kita lanjut SEJARAH PERKEMBANGAN PR di INDONESIA.
Periode I tahun 1962, pembentukan PR secara resmi oleh PM Juanda yang menginstruksikan setiap instansi memiliki divisi humas yang memiliki dua tugas
Periode III tahun 1972-1993 mulai muncul PR di kalangan profesioanl swasta kayak Perhumas sama APPRI.
Yang mana kegiatan Perhumas ngadainKonvensi Nasional Humas di Bandung yang isinya ngebahas Kode Etik Humas Jurnalisme, tercatat juga sebagai anggota IPRA sama APRO. Sedangkan, tugas APPRI mengabdikan kemampuannya pada bangsa da negara khususnya ya lewat PR ini.
Periode IV tahun 1995- sekarang muncul spesialisasi PR di bidang pelayanan jasa, kebentuk juga H3. Lo tau apa itu H3? (Himpunan Humas Hotel berbintang) yayayayayyayay......... Disusul dibentuknya Forkamas yang secara resmi diikuti pejabat- pejabat PR.
TOKOH-TOKOH PR dan PEMIKIRANNYA.
PR adalah suatu seni, fungsi, proses, ilmu, profesi, metode, kegiatan dll.
J.C Seidel, proses kontinyu untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, tugas intern PR sendiri adalah analisis dan perbaikan untuk diri sendiri. Tugas ekstern memberikan pernyataan- pernyataan.
W. Emerson Reck, lanjutan dari proses pembuatan kebiksanaan, pelayanan dan tindakan bagi kepentingan terbaik untuk memperoleh kepercayaan dan goodwill dari publik.
Duh... banyak banget bro tokoh- tokohnya gw tulis dua aja yak... Oh ya masih ada satu lagi
Miandhani Denniz Yuniar, PR itu suatu seni, ilmu dan temen-temennya yang gunanya untuk memberikan pelayanan kepada publik buat ngeraih goodwill atau citra baik dari perusahaan kepada publik.
Udah kayak tokoh gag gw?
Mau jadi tokoh Pr, malah jadi tokoh pembantu
KONSEP dan KONTEKS PR
IPR mengunkapkan bahwa PR itu upaya yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik.
PR News. fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik.
Dan, secara umum, PR itu bentuk usaha atau kegiatan atau fungsi manajemen yang dilakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan citra positif.
Definisi...
Rex F. Harlow. Fungsi manajemen yang membantu membangun dan memelihara alur komunikasi dua arah. Menangani pengelolaan masalah atau isu. Menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publik.
Fungsi PR
Merupakan fungsi manajemen yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerjasama antara organisasi dan berbagai publiknya.
Fungsi Utama PR (Bernays)
See ya..
Sekarang gw nulis sambil dengerin lagunya Bondan Prakoso & Fade2Black yang album ke 4 bray. Ciamik!
Dimulai dari Historis PR ato bisa diterjemahkan dengan sejarah Public Relations.
Lo tau Ivy Ledbetter Lee gag bro? dia itu bapak PR, dia bisa ngembangin praktik PR nya loh *sok kaget*. Pada tahun 1906, dimana saat itu di Amerika Serikat lagi ada pemogok buruh industri batubara. Nah, disini Ivy Lee yang waktu itu berprofesi jadi jurnalistik, dia berusaha menjembatani kepentingan buruh sama kepentingan industriawan. Disini, Ivy Lee ngajuin persyaratan
- Ngebentuk manajemen PR
- Kerjasama dengan pihak pers
- Jadi top Departemen yang ikut serta dalam pengambilan keputusan tertinggi
- Pihak manajemen PR yang terkait juga harus punya sifat informatif, terbuka oleh siapapun baik para buruh,khalayak dan media masa
- Punya wewenang penuh dalam melaksanakan fungsi manajemen.
Jadi gini waktu masih periode I tahun 1700-1800, PR ini masih obrak- abrik gitu dan belum terorganisasi karena aktivitas masih berpacu dengan pendapat masyarakat buta nyatuin kemerdekaan bro, ngadain harmonisasi, ngadain deklarasi kemerdekaan.
Di periode II, tahun 1801-1865 disebut sebagai perkembangan PR aktivitas udah mulai membaik dan teroganisasi.
Periode III, tahun 1867-1900 aktivitas PR sudah mulai diperhitungkan dan berkembang lebih profesional seiring dengan kemajuan teknologi dan industri guyss..
Periode IV tahun 1901-1919 disebut public be informed periode pada saat ini para petani, kristiani, sosialis kampanye besar- besaran memprotes keras atas perlakuannnya yang sewenang- wenang, kelakuannya siapa lagi kalo bukan usahawan dan politisi. Disini, PR berperan menjadi investigative reporting yang ditujukan kepada usahawan dan politisi dalam bentuk tulisan dan laporan untuk menyudutkan mereka.
Periode V tahun 1920- sekarang aktivitas PR bukan lagi jadi aktivitas tapi menjadi studi, pemikiran, penelitian dan ilmiah.
Itu tadi sejarah dunia PR guyss.... Sekarang kita lanjut SEJARAH PERKEMBANGAN PR di INDONESIA.
Periode I tahun 1962, pembentukan PR secara resmi oleh PM Juanda yang menginstruksikan setiap instansi memiliki divisi humas yang memiliki dua tugas
- Tugas Strategis : ikut serta dalam proses keputusan mulai dari pembuatannya sampai pelaksanaannya
- Tugas Taktis : yakni memberikan informasi, motivasi dll
Periode III tahun 1972-1993 mulai muncul PR di kalangan profesioanl swasta kayak Perhumas sama APPRI.
Yang mana kegiatan Perhumas ngadainKonvensi Nasional Humas di Bandung yang isinya ngebahas Kode Etik Humas Jurnalisme, tercatat juga sebagai anggota IPRA sama APRO. Sedangkan, tugas APPRI mengabdikan kemampuannya pada bangsa da negara khususnya ya lewat PR ini.
Periode IV tahun 1995- sekarang muncul spesialisasi PR di bidang pelayanan jasa, kebentuk juga H3. Lo tau apa itu H3? (Himpunan Humas Hotel berbintang) yayayayayyayay......... Disusul dibentuknya Forkamas yang secara resmi diikuti pejabat- pejabat PR.
TOKOH-TOKOH PR dan PEMIKIRANNYA.
PR adalah suatu seni, fungsi, proses, ilmu, profesi, metode, kegiatan dll.
J.C Seidel, proses kontinyu untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, tugas intern PR sendiri adalah analisis dan perbaikan untuk diri sendiri. Tugas ekstern memberikan pernyataan- pernyataan.
W. Emerson Reck, lanjutan dari proses pembuatan kebiksanaan, pelayanan dan tindakan bagi kepentingan terbaik untuk memperoleh kepercayaan dan goodwill dari publik.
Duh... banyak banget bro tokoh- tokohnya gw tulis dua aja yak... Oh ya masih ada satu lagi
Miandhani Denniz Yuniar, PR itu suatu seni, ilmu dan temen-temennya yang gunanya untuk memberikan pelayanan kepada publik buat ngeraih goodwill atau citra baik dari perusahaan kepada publik.
Udah kayak tokoh gag gw?
Mau jadi tokoh Pr, malah jadi tokoh pembantu
KONSEP dan KONTEKS PR
IPR mengunkapkan bahwa PR itu upaya yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik.
PR News. fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik.
Dan, secara umum, PR itu bentuk usaha atau kegiatan atau fungsi manajemen yang dilakukan untuk mempertahankan atau meningkatkan citra positif.
Definisi...
Rex F. Harlow. Fungsi manajemen yang membantu membangun dan memelihara alur komunikasi dua arah. Menangani pengelolaan masalah atau isu. Menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publik.
Fungsi PR
Merupakan fungsi manajemen yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerjasama antara organisasi dan berbagai publiknya.
Fungsi Utama PR (Bernays)
- Memberikan penerangan kepada masyarakat *lampu kaleeee*
- Melakukan proses persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung.
- Berupaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.
See ya..
Komentar
Posting Komentar